otomotif

6 Tips Membeli Mobil Bekas

Di jaman modern seperti sekarang ini, mobil sudah menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh keluarga modern. Karena saat mereka pergi biasanya akan bersama suami istri dan 2 orang anak. Jika menggunakan kendaraan bermotor tidak aman dan nyaman saat dinaiki oleh 4 orang.

Namun tidak semua orang sangggup untuk membeli mobil baru. Banyak juga keluarga modern yang membeli mobil bekas sebagai alternatif keuangan. Nsmun saat membeli mobil bekas akan ada banyak resiko yang muncul. Untuk mengantisipasinya, anda harus membaca beberapa tips di bawah ini.

Perhatikan harga belinya

 

Tips membeli mobil bekas yang pertama adalah perhatikan harga. Maksudnya, anda harus bisa menyesuaikan antara harga, cicilan dan pemasukan serta pengeluaran anda. Trlebih saat anda membelinya dengan cara kredit.

Selain itu, setelah anda membeli mobil bekas tak lantas begitu saja bisa anda gunakan. Sudah pasti akan ada banyak pengeluaran terkait perawatan hingga penggantian komponen. Belum lagi pengeluaran untuk membeli bensin dan asuransi tambahannya.

Bikin list merk dan harga pasaran mobil

Tips membeli mobil bekas yang kdua adalah membuat list merk dan harga pasaran mobil. Tujuannya untuk mempermudah anda dalam menentukan pilihan dan mengetahui harga pasaran. Jangan sampai anda mendapatkan barang yang seharusnya murah, menjadi sedikit mahal. Itulah fungsi membut daftar merk dan harga pasaran mobil.

Selain itu, anda juga dapat mengira-ngira kemampuan anda maksimal untuk beli mobil dengan merk apa. Jangan sampai anda tergiur dengan tawaran sales. Sudah pasti mereka akan menawarkan mobil yang lebih bagus dan Rental Mobil di Bandung berkualitas. Namun harga juga akan menyesuaikan kualitas tersebut. Pilihlah sesuai kebuthan.

Perhatikan jarak tempuh mobil

Namanya mobil bekas pasti sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya pergi ke berbagai tempat. Oleh karena itu anda harus memperhatikan jarak tempuh mobil tersebut. Pastikan mobil tersebut bukan termasuk mobil yang “capek”. Dengan kata lain digunakan setiap hari dan dengan jarak tempuh yang jauh. Pilihlah yang pemakaian wajar seperti hanya digunakan dalam kota atau saat liburan saja.

Cek riwayat kendaraan

Tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu mengecek riwayat kendaraan. Usahakan anda dapat memperoleh kendaraan tersebut dari teman dekat atau showroom terpercaya. Biasanya mereka akan mengatakn kondisi mobil tersebut apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Selain itu anda harus cek NIK atau Nomor Identitas Kendaraan dan pelat nomor kendaraan.

Test drive mobil

Agar anda merasa lebih yakin lagi, anda dapat melakukan test drive kendaraan tersebut. Apakah ada komponen yang bermasalah atau semuanya lancar saja. Selain itu cek juga kondisi mobil seperti kursi, ruangan, mesin, AC, aroma mobil dan kondisi jok.

Lihat kelengkapan surat-suratnya

Saat anda sudah yakin dan pasti akan membeli mobil yang telah anda pilih, sebaiknya cek segala kelengkapan surat-suratnya. Seperti BPKB, STNK, pajak, sertifikat dan lainnya.