Ekonomi

Peluang Agrobisnis di Tahun 2019

Bisnis dan melestarikan alam

Bisnis sampingan banyak dilakukan oleh masyarakat selama ini. Hal ini bertujuan untuk menambah pundi-pundi penghasilan disamping pekerjaan utama. Salah satu bisnis yang sedang popuer di kalangan masyarakat ialah agrobisnis. Agrobisnis merupakan bisnis dalam sektor pertanian. Usaha ini memanfaatkan kondisi alam Indonesia yang baik sehingga tidak membutuhkan modal yang besar. Oleh sebab itu, berbagai kalangan masyarakat dapat ikut terjun dalam usaha ini.

  1. Hidroponik

Saat ini, masyarakat lebih senang mengonsumsi sayuran-sayuran organik yang fresh dan bebas pestisida. Sayangnya, tidak sedikit sayuran yang dijual di swalayan memiliki kadar pestisida yang tinggi. Oleh sebab itu, munculah usaha yang mengusung tema sayuran organik yaitu hidroponik. Hidroponik artinya menanam tanpa menggunakan tanah. Sayuran dapat ditanam di berbagai media contohnya pipa, botol, toples, dan lainnya sehingga dapat menghemat tempat. Metode tanam yang paling sering digunakan adalah dengan media pipa. Pipa atau talang dilubangi sesuai diameter yang diinginkan, kemudian bibit sayuran di tebar di tiap lubang dan terakhir bibit tersebut dialiri air nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

  1. Tanaman hias

Berbagai jenis tanaman hias sedang menjadi salah satu bisnis populer baik di pedesaan maupun di daerah perkotaan. Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang dapat menjadi hiasan diantaranya mawar, anggrek, bonsai, dan lainnya. Tanaman ini dapat diletakkan di halaman rumah atau teras sebagai penyegar mata sekaligus sirkulasi udara menjadi lebih segar. Dalam Portal Bisnis Indonesia berbisnis tanaman hias, ada baiknya jika hanya membudiyakan satu jenis tanaman saja misalkan hanya berfokus pada mawar saja. Hindari untuk merawat beberapa tanaman hias sekaligus, hal ini menyebabkan kualitas tanaman tidak maksimal.

  1. Jual beli bibit

Jual beli bibit memiliki prospek yang masih luas. Usaha ini tidak memerukan lahan yang luas, halaman rumah yang sedikit luas pun sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini. Terdapat berbagai jenis bibit tanaman yang dapat dipilih yatiu sayuran, buah atau tanaman. Dulu, para petani umumnya hanya menamam buah yang sama namun seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, bibit telah berkembang menjadi berbagai macam varietas. Contohnya, dulu buah srikaya tidak diminati, akan tetapi semenjak buah srikaya dikembangkan menjadi srikaya jumbo, peminat bibit ini menjadi banyak. Dalam memulai usaha jual beli bibit yang berkualitas, sebaiknya pahami teknik budidaya bibit yang benar supaya menghasilkan bibit yang berkualitas. Bibit yang berkualitas membuat konsumen kembali lagi dan tidak kecewa.

 

Kesuksesan dalam sebuah usaha membutuhkan ketekunan. Selain itu, kualitas produk harus dijaga dengan baik. Kemudian pasarkan produk yang telah siap pada masyarakat dan berbagai media elektronik contohnya facebook, forum jual beli, dan lain sebagainya.